MDGs dan Post MDGs

MDGs dan Post MDGs

MDGs berdasarkan definisi dari PBB adalah serangkaian tujuan pembangunan untuk mengatasi kemiskinan dalam berbagai dimensi meliputi rendahnya pendapatan, kelaparan, penyakit, kurangnya tempat tinggal yang layak, pengucilan, ketidaksetaraan gender, pendidikan, dan kelestarian lingkungan. MDGs dideklarasikan tahun 2000 dan diharapkan dapat mencapai goals pada tahun 2015. MDGs sangat penting untuk menunjang kebijakan pembangunan internasional. Dengan adanya MDGs diharapkan dapat membuat negara-negara miskin dapat mencapai target pembangunan karena tujuan pembangunan sudah jelas tercantum dalam MDGs. MDGs bertujuan meningkatkan produktivitas dengan mengkombinasikan infrastruktur, sumber daya manusia, dan kebijakan ekonomi agar sektor swasta lebih berkembang. Selain penting bagi pembangunan ekonomi, MDGs juga dapat berdampak pada keamanan karena kemiskinan dan keamanan saling berhubungan. Apabila kemiskinan dapat dikurangi maka keamanan masyarakat akan semakin meningkat.

Indikator-indikator MDGs:
  1.  ERADICATE EXTREME POVERTY AND HUNGER
  2.  ACHIEVE UNIVERSAL PRIMARY EDUCATION
  3. PROMOTE GENDER EQUALITY AND EMPOWER WOMEN
  4. REDUCE CHILD MORTALITY
  5. IMPROVE MATERNAL HEALTH
  6. COMBAT HIV/AIDS, MALARIA AND OTHER DISEASES
  7. ENSURE ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY
  8. DEVELOP A GLOBAL PARTNERSHIP FOR DEVELOPMENT

Setelah berakhirnya MDGs, muncul agenda pembangunan baru. Agenda ini berusaha memperbaiki kelemahan-kelemahan saat MDGs yang tidak dapat menyentuh orang-orang miskin. Tujuan pembangunan Post MDGs ini adalah pemberantasan kemiskinan dan mempromosikan sustainable development. Lima target perubahan dalam Post MDGs yaitu:
  1. Leave No One Behind. Memastikan bahwa tidak ada satupun orang yang tidak mendapat kesempatan ekonomi dan tidak ada yang HAMnya dilanggar.
  2. Put Sustainable Development at The Core. Mempromosikan sustainable development, negara maju memiliki peran yang besar dalam hal ini. Negara maju harus menemukan teknologi terbaru yang ramah lingkungan agar dapat menjalankan green economy.
  3. Transform Economies for Jobs and Inclusive Growth. Perubahan dalam pola konsumsi, produksi, inovasi, teknologi, dan bisnis private untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif
  4. Build Peace and Effective, Open and Accountable. Menjadikan perdamaian, HAM, dan good governance sebagai inti dari perubahan
  5. Forge A New Global Partnership. Menumbuhkan solidaritas, kerjasama, dan akuntabilitas

Indikator-indikator Post MDGs
Hasil gambar untuk post mdgs


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logical Framework

Definitions of Poverty